Selasa, 20 Februari 2018

Ciri-ciri Tabungan Syariah

Tabungan ialah sebuah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang telah disepakati, namun tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu. Akan tetapi selanjutnya yang membedakan ialah bagaimana sistem pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh pihak pengelolanya. Salah satu sstem pengelolaan tabungan yang direkomendasikan ialah sistem tabungan syariah. Beberapa hal berikut ini menjadi ciri-ciri tabungan berbasis syariah.

  1. Menggunakan prinsip sayar’iah sebagai dasar pelaksanaan kegiatan perbankan, dalam hal ini tabungan. Sistem atau prinsip tersebut tentu mengutamakan sebanyak-banyaknya kebaikan dan sekecil-kecilnya kemadhorotan (keburukan) dan menjamin kedua belah pihak tak ada dalam kerugian.
  2. Tidak ada bunga dalam tabungan syariah, sebab menurut syariah Islam bunga dikatakan sebagai riba yang hukumnya haram.sehingga untuk medapatkan keuntungan dikenal dengan sistem bagi hasil yang ditetapkan berdasar kepada kesepakatan antara pihak penyelenggara dengan nasabahnya. Namun besarannya bisa saja fluktuatif karena dipengaruhi oleh kondisi bank.
  3. Dengan diterapkannya pembagian keuntungan secara bagi hasil sebagai ganti bunga, sehingga dalam pelaksanaannya tidak melanggar norma syariah Islam dan tidak pula menjadikan slah satu pihak merasa dirugikan oleh pihak yang lainnya.
  4. Karenanya keuntungan yang didapat oleh nasabah menjadi hal yangtidak menentu, jika bank penyelenggara dalam kondisi baik dan produktif maka hasil yang didapat juga sebanding dengan keuntungan yang diperoleh pihak bank.
  5. anda bisa mencari tahu lebih lengkap di http://www.syariahbukopin.co.id/id/produk-dan-jasa/pendanaan/tabungan-ib-siaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar