Jumat, 09 Februari 2018

Mengenali Cara Kerja Trafo

Salah satu alat listrik yang memiliki peran penting adalah trafo. Trafo atau transformator ini dapat mengubah tegangan dengan cara menaikkan atau menurunkan sesuai dengan kebutuhan.

Trafo pun dibagi menjadi dua jenis, yaitu trafo step up dan trafo step down. Trafo jenis step up  ini berfungsi untuk menaikkan tegangan bolak balik (AC). Trafo dengan jenis itu disebut dengan trafo penaik tegangan. Jumlah lilitan sekunder ini lebih banyak daripada lilitan primer. Anda bisa melihat trafo ini di jaringan pembangkit listrik. Sedangkan trafo step down adalah trafo penurun tegangan. Jadi jumlah lilitan primernya lebih banyak dari lilitan sekunder.

Bagaimana cara kerjanya?
Kumparan primer yang dialiri arus bolak-balik akan menimbulkan medan magnet di sekitarnya. Kuat atau lemahnya medan magnet dipengaruhi oleh besaran arus listrik yang dialirinya. Medan magnet ini akan semakin besar jika arus listriknya juga semakin besar. Begitu pula sebaliknya

Naik atau turunnya si kekuatan medan magnet yang terjadi di sekitar kumparan primer akan menginduksi gaya gerak listrik di kumparan sekunder. Hal ini akan menimbulkan terjadinya pelimpahan daya dari kumparan primer menjadi sekunder. Hal ini juga yang menyebabkan adanya perubahan taraf tegangan listrik dari rendah menjadi tinggi, dan sebaliknya.


Trafo ini pun juga perlu perawatan agar tetap awet. Maka ada kegiatan wajib yaitu maintenance trafo yang dilakukan setiap setahun sekali dan pemeliharaan tiap lima tahun sekali. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar